Penyebab Munculnya Benjolan di Kepala



Adanya benjolan pada kepala, pasti akan membuat anda merasa khawatir dan takut. Apalagi jika anda tidak tahu penyebabnya. Pasti rasa cemas akan takutnya terjadi penyakit yang berbahaya pada tubuh akan anda rasakan. Benjolan di kepala bisa terdapat dibagian belakang, atas, atau samping kepala. Rasa sakit memang tidak akan timbul pada benjolan, namun ketika benjolan ditekan akan terasa lembek dan seperti bisul padahal sebenarnya bukan bisul. Lantas, apakah penyebab munculnya benjolan pada kepala?

Folikulitis

Penyebab adanya benjolan pada kepala yang pertama adalah folikulitis, yaitu peradangan pada folikel rambut atau akar rambut. Hal itulah yang umumnya akan menyebabkan benjolan di kepala, tapi benjolan bisa saja terjadi di sekitar area wajah yang timbul akibat adanya infeksi atau iritasi dari bahan kimia. Benjolan ini pun umunya akan hilang dalam waktu sekitar satu minggu. Benjolan karena folikulitis biasanya dialami oleh penderita diabetes atau obesitas.

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getih bening umumnya akan mengalami pembesaran pada area kepala atau disekitar telinga dan mengalami pembengkakan yang akan terasa keras jika ditekan. Pembesaran pada kelenjar getah bening dapat timbul akibat adanya infeksi, virus, atau mungkin bisa disebabkan karena adanya penyakit tertentu seperti tumor, kanker, rubella,dan penyakit lainnya.

Tumor Pada Tulang Kepala

Benjolan ini dapat muncul akibat adanya pembelahan sel tulang yang tak terkendali sehingga akan terjadi penumpukan massa benda tulang yang dapat menimbulkan benjolan. Benjolan  akibat tumor tulang biasanya akan terasa keras ketika diraba karena terbentuk dari jaringan tulang.

Kanker Pada Kepala

Benjolan dikepala juga dapat terjadi akibat pertanda munculnya kanker, hal ini dapat timbul akibat adanya pembentukan sel-sel ganas yang tak terkendali yang dapat disebabkan oleh sel tulang rawan, sel tulang, sel darah putih, hingga sel-sel lainnya yang bisa berubah menjadi ganas.

Kista dan Lipoma

Kista dapat timbul akibat kantung saraf yang ditutupi oleh organ lain. Kista yang terjadi pada kepala umumnya merupakan kista demoid dan kista sebasa. Benjolan yang terjadi biasanya berisi rambut, kelenjar kulit, dan beberapa gigi atau organ modifikasi lain dari kulit.

Lipoma terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang berisikan minyak-minyak. teksturnya bersifat karet dan akan terasa sakit jika benjolannya semakin membesar

Cedera Kepala atau Trauma

Penyebab benjolan lainnya juga bisa terjadi akibat cedera pada kepala yang akan menimbulkan trauma ringan, hal ini bisa disebabkan karena kecelakaan, terjatuh, atau terjadinya pukulan yang keras pada kepala.