Kenali Penyebab Munculnya Benjolan Pada Payudara Pria



Benjolan pada payudara tidak hanya terjadi pada wanita saja, pria pun bisa juaga mengalami benjolan pada payudaranya. Jika benjolan payudara pada wanita sering di identikan dengan kanker payudara, maka benjolan di payudara pria pun mungkin saja bisa terjadi karena tumor atau kanker payudara. Hanya saja kasus ini jarang terjadi. Lantas, apakah penyebab munculnya benjolan pada payudara pria?

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan munculnya benjolan pada payudara pria, diantaranya:

1. Ginekomastia

Ginekomastia yaitu pembengkakan pada jaringan payudara pria yang dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan tentosteron. Benjolan karena kondisi ini biasanya muncul di salah satu payudara atau bahkan bisa muncul di keduanya. Ginekomastia biasanya terjadi pada pria usia pubertas dan pria yang usianya lebih tua. Penyakit ini umumnya dapat disebabkan oleh pengaruh efek hormonal, gangguan fungsi hati, dan konsumsi obat- obatan tertentu.

2. Adanya Iritasi Kulit



Adanya iritasi dan peradangan pada kulit di daerah payudara. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan pembengkakan sehingga terlihat seperti benjolan

3. Fibroadenoma


Fibroadenoma atau tumor merupakan benjolan non-kanker yang akan terasa lembut dan kenyal ketika dipegang. Tumor ini terdiri dari jaringan payudara dan stromal yang bisa menyebabkan benjolan pada salah satu atau bahkan kedua payudara. Ketidakseimbangan hormon dapat menjadi penyebab munculnya penyakit ini,  dan gaya hidup yang tidak sehat pun bisanya dapat mendorong terjadinya pertumbuhan tumor ini.

4. Kanker Payudara


Kanker payudara biasanya memang terjadi pada wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria pun juga bisa mengalaminya. Kasus kanker payudara pada pria umumnya memang sangat jarang terjadi. Kanker payudara dapat terjadi pada pria yang usianya di atas 30 tahun.

Gejalanya yang akan muncul biasanya
  • terdapat benjolan yang keras pada payudara
  • Kehilangan berat badan dan nafsu makan 
  • Adanya perubahan kulit pada payudara menjadi seperti kulit jeruk
  •  Serta adanya perubahan tekstur pada puting susu

Adapun beberapa hal yang mungkin dapat meningkatkan resiko pria terkena kanker payudara,diantaranya:
  • Memiliki riwayat kanker payudara
  • Memiliki penyakit liver yang sudah parah
  • Mendapatkan paparan radiasi yang berlebih
  • Mewarisi mutasi gen tertentu seperti gen BRCA2
  • Merokok dan sering mengknsumsi alkohol
  • Memiliki pola makan yang tidak sehat dan mengalami obesitas