Penyebab dan Cara Mengobati Benjolan Pada Leher



Munculnya benjoalan pada leher, pasti akan menyebabkan seseorang yang mengalaminya merasa ketakutan dan khawatir, meskipun benjolan itu terasa sakit atau tidak, keras atau lembek, hal itu membuat seseorang akan menjadi sangat cemas.

Banyak orang yang sering menyebut benjolan dileher sebagai gondok atau gondongan, namun ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa menjadi penyebab timbulnya benjolan dileher. Lalu,apakah penyebab benjolan dileher? apakah benjolan tersebut berbahaya? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan membahas tentang benjolan yang terdapat pada leher.

Penyebab benjolan pada leher

Penyebab utama adanya benjolan dileher diakibatkan karena kelenjar getah bening, kelenjar getah bening merupakan salah satu organ yang memiliki ukuran kecil seperti kacang,  dan memiliki peranan sangat penting bagi sistem pertahanan tubuh.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa adanya benjolan dileher bisa saja terjadi karena bakteri dan penyakit tertentu yang dapat menimbulkan benjolan pada leher sebelah kanan maupun sebelah kiri.

Ada juga beberapa kondisi penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya benjolan pada leher, diantaranya:

Iritasi dan Alergi

Iritasi bisa terjadi karena adanya pergesekan antara kulit satu sama lain, atau bisa juga terjadi karena kulit yang bergesekan dengan pakaian. Akibat dari iritasi tersebut dapat menimbulkan benjolan termasuk di bagian leher yang biasanya berbentuk kecil dan berwarna kecoklatan.

Benjolan yang diakibatkan karena alergi umunnya hampir sama dengan benjolan yang diakibatkan karena iritasi, tetapi bedanya benjolan karena alergi dapat timbul akibat zat tertentu yang nantinya akan memberikan reaksi sensitif terhadap tubuh seseorang, hal itu dapat terjadi karena suhu dingin, makanan tertentu, dan sebagainya.

Radang Amandel

Amandel merupakan kelenjar yang memiliki peranan dalam sistem pertahanan tubuh yang aktif pada masa anak-anak. Dan pada umumnya radang amandel sering diderita oleh anak-anak. Terjadinya radang amandel merupakan salah satu pemicu datangnya benjolan pada leher.

Skin tag atau pertumbuhan kulit berlebih

Skin tag timbul akibat kulit yang sering bergesekan dengan kulit disekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya daging kecil berwarna kecoklatan yang mirip dengan kutil. Skin tag pada bisa terjadi pada siapa saja, tapi yang paling utama bisa terkena skin tag yaitu penderita diabetes, obesitas, wanita hamil, dan orang tua.

Adanya Kanker

Benjolan pada leher bisa beresiko tinggi memiliki sifat benjolan yang akan menimbulkan kanker, seperti kanker mulut, kanker paru-paru, kanker payudara, bahkan leukimia (kanker darah putih).

Radang Tekak

Penyakit faringitis atau radang tekak yang disebabkan oleh bakteri tertentu bisa menjadi penyebab terjadinya benjolan pada leher. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri jenis streptococcus ini kerap menimbulkan rasa sakit pada bagian tenggorokan.

Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memang tidak terlihat, tapi jika karena beberapa faktor tertentu kelenjar ini dapat membengkan dan menimbulkan benjolan dileher yang sering disebut gondok. Penyebab dari adanya pembengkakan ini meliputi beberapa hal seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu atau kurang aktif, dan kanker tiroid.

Cara mengobati benjolan pada leher

Benjolan pada leher memang tidak selalu mendatangkan penyakit yang berbahaya, tapi ada baiknya untuk anda melakukan pengecekan ke dokter agar lebih tau penyebab yang sebenarnya sehingga dapat segera ditangani.

Adapun beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan sebagi pengobatan, seperti:

Madu

Madu bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan benjolan pada leher. Caranya yaitu dengan langsung dikonsumsi atau mengoleskan madu  pada benjolan tersebut.

Teripang

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam teripang  memiliki peranan penting dalam sistem daya tahan tubuh. Vitamin A juga dapat meningkatkan sistem kerja sel darah putih, meningkatkan kekebalan terhadap infeksi dan karsinogen, serta mampu menjaga kesehatan jaringan lunak, kulit, dan membran mukosa yang merupakan sistem pertahanan terluar dari tubuh.

Kulit Manggis

Kandungan zat xanthone yang terdapat dalam kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk menyenbuhkan benjolan pada leher. Cara pembuatannya sangat mudah, keringkan kulit manggis dan lakukan perebusan pada kulit manggis yang sudah kering. Konsumsi air rebusan kulit manggis tersebut secara rutin.

Kunyit dan Susu

Perpaduan kunyit dan susu sangat membantu dalam meredakan perdangan ynag terjadi pada leher. Hal ini dikarenakan adanya kandungan dari kunyit yang mampu mencegah dan mengobati peradangan secara alami. Sedangkan susu hanya menjadi bahan melengkap saja agar rasa air dari sari kunyit tida tersa pahit.