Apakah Penyebab Munculnya Benjolan Pada Ketiak?


Apakah anda pernah meraba ketiak? Adakah benjolan yang anda rasakan saat merabanya? Benjolan pada ketiak bisa dialami oleh wanita atau pria, benjolan diketiak bisa datang kapan saja, terkadang kita tidak menyadari akan adanya benjolan ini. Meski tidak berbahaya, namun benjolan diketiak bisa saja merupakan penyakit.

 

Apa penyebab munculnya benjolan di ketiak?

Benjolan diketiak dapat timbul sejak memasuki masa pubertas, karena kelenjar keringat umumnya menjadi lebih aktif setelah memasuki usia puber. Kondisi benjolan pada ketiak memang tidak berbahaya dan tidak perlu penangan khusus.Namun jika terus-terusan didiamkan kondisi ini akan berlangsung kronis, dan mungkin akan muncul kembali meskipun sudah diobati.

Penyebab munculnya benjolan diketiak bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri, kista, iritasi, sering menggunakan pakaian ketat atau kain yang tidak menyerap keringat, sering terkena cuaca yang panas dan lembab

Apa sajakah ciri-ciri benjolan ketiak?

Anda bisa meraba kulit ketiak secara perlahan. Benjolan tersebut akan dengan mudah anda rasakan keberadaanya. Benjolan ini dapat ditemukan dalam ukuran sangat kecil sampai besar.

Adapun ciri-ciri lain dari munculnya benjolan di ketiak  :
  • Benjolan yang memiliki tekstur lunak saat diraba biasanya disebakan oleh kista, infeksi, atau lipoma.
  • Benjolan yang memilki tekstur lebih keras dan cenderung tidak bergerak saat disenuh, dapat disebabkan karena kanker payudara.
  • Benjolan yang memiliki ukuran berubah secara cepat dan tidak hilang dapat disebabkan oleh limfoma dan leukimia

Apa saja gejala yang akan muncul?

Biasanya gejala awal yang akan muncul adalah munculnya beberapa bercak merah pada area ketiak yang akan menimbulkan rasa gatal. Bercak kemudian akan membesar dan berubah menjadi benjolan berisi cairan yang akan terasa lunak ketika diraba. Benjolan tersebut dapat pecah sekaligus akan mengeluarkan  nanah serta serum.

Benjolan yang muncul akibat infeksi akan menunjukan gejala, seperti; demam, berkeringat ditengah malam, dan bengkak di seluruh bagian tubuh yang terdapat kelenjar getah bening.