Penyebab dan Cara Mengobati Benjolan Pada Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita, karena dengan mata kita dapat melihat seluruh keindahan yang ada di alam semesta ini. Namun mata juga merupakan salah satu organ yang sangat rawan terkena gangguan penyakit. Terdapatnya benjolan pada mata sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang, benjolan ini bisa terjadi pada siapa saja. Keluhan benjolan pada mata sangat memerlukan penanganan intensif yang lebih spesifik dan tepat guna.


Apa sajakah penyebab benjolan pada mata?

 

  • Bintitan
Benjolan pada mata bisa disebabkan karena bintitan. Bintitan biasanya tumbuh di bagian tepi kelopak mata dan mempunyai bentuk yang mirip dengan jerawat dan bisul,biasanya hanya terjadi pada sebelah mata. Kondisi ini akan memberikan efek yang menyakitkan, meskipun bintitan tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan, namun bentuknya yang agak sedikit menonjol dapat mempengaruhi penampilan dan penglihatan akan terasa terhalangi. Biasanya benjolan ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan hormon antiseptik yang dihasilkan tubuh.

  • Kalazion
Benjolan ini terjadi karena tidak berfungsinya kelenjar meibom yang terdapat diatas bulu mata. Meibom merupakan kelenjar penghasil hormon yang berfungsi untuk menghasilkan komponen yang akan membuat mata selalu lembab dan basah, sehingga bola mata tidak akan kering dan dapat terhindar dari iritasi.

  • Tumor
Benjolan pada mata selanjutnya bisa jadi merupakan tumor yang bisa menyebabkan kanker. Hal ini biasanya terjadi karena faktor dari zat toksi yang menginfeksi bagian dalam mata. Awalnya memang benjolan ini tidak terlihat, tapi rasa sakit yang ditimbulkan sangatlah parah. Dan seiring dengan berjalannya waktu benjolan ini bisa membesar, bahkan bisa sampai sebesar kepala. Jika sudah seperti itu maka car yang paling tepat adalah dengan melakukan operasi.

Sebaiknya jika mata anda mengalami benjolan yang dapat menyebabkan mata menjadi susah melihat, kelopak mata menjadi infeksi, dan berbagai keluhan lainnya. Lakukan segera pemeriksaan ke dokter untuk lebih mengetahui penyakit yang sebenarnya.

Namun jika benjolan pada kelopak mata anda tidak bertambah parah dan tidak menunjukan tanda-tanda kelainan apapun, maka langkah penyembuhan awalnya bisa dilakukan dirumah dengan cara melakukan perawatan seperti berikut :

Bersihkan Kotoran Pada Benjolan

Benjolan karena bintitan biasanya terjadi karena adanya kotoran atau benda lainnya yang menempel di kelopak mata, seperti debu atau sisa make up. Maka dari itu, anda harus membersihkan daerah kelopak mata. Caranya yaitu dengan mengambil bola kapas kemudian celupkan kedalam air hangat, lalu anda gunakan untuk membersihkan kelopak mata. Pastikan tangan dan bola kapas dalam keadaan yang bersih.

Anda bisa melakukan perawatan yang serupa pada benjolan yang diakibatkan oleh kalazion untuk mencegah penumpukan kotoran pada mata yang dapat menjadi penyebab infeksi.

Hindari Menekan Benjolan

Jangan sesekali anda menekan-nekan benjolan, karena jika benjolan ditekan akan mengakibatkan keadaan semakin parah. Bahkan bisa menyebabkan infeksi dan menyebarkan kuman pada mata yang satunya. Menekan benjolan juga dapat menimbulkan bekas luka yang permanen.

Gunakan Krim Antibakteri

Jika benjolan yang terjadi disebakan karena bintitan, perawatannya bisa dengan cara mengoleskan krim antibakteri sedikit saja pada area bintitan di kelopak mata. Hal yang perlu anda perhatikan adalah hindari pengolesan krim pada area dalam mata karena dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Penggunaan krim ini tidak dianjurkan diberikan pada benjolan akibat kalazion. Karena kalazion biasanya memilki sifat yang steril sehingga penggunaan krim antibiotik tidak akan memberi berpengaruh positif.

Kompres Dengan Air Hangat

Air hangat pada umumnya akan memberikan rasa nyaman pada mata. Cara melakukan pengompresannya yaitu, ambilah anduk bersih, kemudian celupkan ke dalam air hangat lalu peras, setelah itu tempelakan handuk di kelopak mata yang terdapat benjolan. Anda bisa melakukan perawatan ini 3-4 kali dalam sehari sampai benjolan tersebut benar-benar hilang.

Langkah diatas merupakan langkah awal menyenbuhkan benjolan pada mata, tapi jika benjolan tersebut tidak kunjung sembuh. Maka anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter.